Teknologi Pengolahan Produk Kulit

gb-kegiatan-mhs-edit

Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit telah terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) dengan Kode Program Studi 90431.

Program Studi TPPK pada Politeknik ATK Yogyakarta Kulit mulai diselenggarakan sejak tahun akademik 1995-1996 dan merupakan pengembangan dari Jurusan Teknologi Barang Jadi yang mulai dibuka pada tahun 1972. Perubahan nama program studi tersebut sejalan dengan kebutuhan pendidikan yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor industri Produk Kulit dan Sepatu/alas kaki.

Dengan demikian eksistensi Program Studi TPPK sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan SDM tingkat middle manager (Diploma III) pada sektor industri Produk Kulit dan Sepatu/alas kaki. 

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Nomor: 09/SJ-IND/PER/10/2012 tentang Reposisi Pengembangan Unit Pendidikan dan Balai Diklat Industri di Lingkungan Kementerian Perindustrian, maka spesialisasi dan kompetensi difokuskan pada bidang Teknologi Kulit dan Produk Kulit/Alas Kaki. Hal ini sejalan dengan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 57 Tahun 2009 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.

Sesuai dengan perubahan Program studi tersebut, maka Prodi DTPK menyelenggaraan konsentrasi / minat studi sbb :

  1. Konsentrasi/ Minat Studi : Desain & Teknologi Sepatu
  2. Konsentrasi/ Minat Studi : Desain & Teknologi Barang Kulit
  3.  Konsentrasi/ Minat Studi : Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Untuk mengembangkan peran dan fungsi Politeknik ATK Yogyakarta serta untuk memenuhi tuntutan pasar global, maka sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 498/E/O/2014 tertanggal 24 Oktober 2014 tentang Izin penyelenggaraan program studi program diploma tiga dalam rangka perubahan bentuk Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta menjadi Politeknik ATK Yogyakarta di Yogyakarta dengan 3 Program Studi, salah satunya ialah Teknologi Pengolahan Produk Kulit.

Eksistensi program studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan adanya pendidikan formal yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Proses Alas Kaki dan produk Kulit. Untuk menjawab kebutuhan spesifikasi keunggulan yang akan menentukan kualifikasi lulusan, maka Program Studi Teknologi Pengolahan produk Kulit telah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.

Visi :

 Pada tahun 2025, menjadi Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit sebagai penghasil sumber daya manusia yang kompeten dan unggul di bidang produk kulit.

Misi :

  1.  Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas dan unggul selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang produk kulit.
  2.  Mengembangkan penelitian inovatif di bidang produk kulit.
  3.  Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat yang mendorong pengembangan potensi dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan jejaring kerjasama (networking) yang sinergis dengan berbagai dunia usaha/industri, pemerintah instansi dan asosiasi.

Tujuan Pendidikan

  1.  Menghasilkan lulusan yang kompeten dan unggul dibidang produk kulit.
  2.  Menghasilkan produk penelitian inovatif dan bisa diaplikasikan di industri produk kulit.
  3.  Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan keahlian dan kesejahteraan masyarakat industri produk kulit.
  4. Terjalinnya kerjasama yang sinergis dengan berbagai dunia usaha/industri, pemerintah instansi maupun asosiasi.

Profil Lulusan

Program studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit menyelenggarakan pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul di bidang produk kulit dan alas kaki di Indonesia. Mahasiswa dibekali kemampuan perancangan (design), pembuatan pola (pattern making), dan Teknik pembuatan produk jadi (prototyping) supaya memiliki kemampuan inovasi, kreatifitas, kemandirian, dan berorientasi kewirausahaan supaya dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing industry nasional. 

Lulusan disiapkan untuk mampu merancang dan membuat produk secara kreatif dan inovatif, fungsional, praktis, dan up-to-date. Lulusan dididik untuk dapat menempati posisi pada bidang berikut:

  • Supervisor bidang produk kulit/alas kaki.
  • Buyer Inspector (Quality Control) bidang produk kulit/alas kaki.
  • Product DevelopmentPattern Maker bidang produk kulit/alas kaki.
  • Penyuluh industri bidang produk kulit/alas kaki.