Home >> Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)

Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)
1. Profil Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)
Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK) merupakan program studi yang tertua di Akademi Teknologi Kulit, yaitu sejak didirikannya Sekolah Kulit Tinggi berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian Rakyat Nomor: 489/TU tanggal 15 Januari 1959. Perubahan nama Sekolah Kulit Tinggi menjadi Akademi Kulit, kemudian menjadi Akademi Teknologi Kulit mengiringi perubahan nama program studi, yaitu Jurusan Penyamakan Kulit menjadi Program Studi Teknologi Proses Pengolahan Kulit dan terakhir pada tahun akademik 2003 menjadi Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit.
Eksistensi program studi TPK sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan adanya pendidikan setingkat Akademi yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Proses Penyamakan Kulit.
Proses belajar mengajar pada Program Studi TPK didukung oleh dosen tetap dan dosen tidak tetap yang sebagian besar berkualifikasi pendidikan S-1, S-2, dan S-3, serta praktisi dari industri yang dapat menunjang keahlian dan ketrampilan mahasiswa.
Untuk menjawab kebutuhan spesifikasi keunggulan yang akan menentukan kualifikasi lulusan, maka mulai tahun akademik 2003-2004 diterapkan kurikulum berbasis kompetensi pada program studi TPK.

2. Visi dan Misi
Visi
yang dimiliki Program Studi TPK adalah menjadi program studi yang siap bersaing di pasar global dalam bidang Teknologi Pengolahan Kulit.
Misi yang dijalankan Program Studi TPK adalah :
  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Meningkatkan penelitian aplikatif tentang perkembangan proses penyamakan yang berwawasan lingkungan sesuai dengan isu teknologi bersih (Clean production).
  3. Menjadi tempat rujukan dan belajar untuk pengetahuan proses penyamakan kulit, terutama yang berwawasan lingkungan.
  4. Menjadi sumber informasi mengenai fenomena dan problematika yang dihadapi industri kulit terutama untuk mengantisipasi isu ecolabelling dan teknologi bersih.
  5. Meningkatkan net-working dengan dunia usaha, industri kulit dan industri yang terkait, alumni dan lembaga swadaya masyarakat.
  6. Menciptakan wirausaha baru.
Tujuan Pendidikan yang hendak dicapai Program Studi TPK adalah menghasilkan lulusan Tenaga Ahli Madya di bidang Teknologi Pengolahan Kulit yang siap bersaing di pasar global.

Copyright 2004 - 2014 .:: Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta ::.

» home | kontak
» developed by : jackmedia                                                                                                                                                                                        kembali ke atas