Home >> Program Studi Desain dan Teknologi Produk Kulit (DTPK)

Program Studi Desain dan Teknologi Produk Kulit (DTPK)
1. Program Studi Desain dan Teknologi Produk Kulit (DTPK)
Program Studi Desain dan Teknologi Produk Kulit (DTPK) pada Akademi Teknologi Kulit mulai eksis tahun akademik 2004-2005, dan merupakan pengembangan dari Program Studi Desain dan Teknologi Sepatu/Produk Kulit.Pembukaan program studi tersebut, sejalan dengan makin berkembangnya industri produk kulit (barang jadi kulit) di Indonesia. Seperti kita ketahui, bahwa industri produk kulit mempunyai ciri padat karya, dapat diusahakan dalam skala kecil, menengah dan besar. Selain daripada itu, industri tersebut merupakan sektor industri yang memadukan unsur desain, teknologi, dan ekonomi. Kebutuhan pendidikan setingkat Akademi dirasakan sangat perlu untuk menunjang perkembangan industri tersebut.
Dengan demikian eksistensi Program Studi DTPK sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan SDM tingkat manajer menengah (Diploma III) pada sektor industri produk kulit.
Proses belajar mengajar pada Program Studi DTPK didukung oleh dosen tetap dan dosen tidak tetap yang sebagian besar berkualifikasi pendidikan S-1, S-2, dan S-3, serta praktisi dari industri yang dapat menunjang keahlian dan ketrampilan mahasiswa.
Untuk menjawab kebutuhan spesifikasi keunggulan yang akan menentukan kualifikasi lulusan, maka mulai tahun akademik 2004-2005 diterapkan kurikulum berbasis kompetensi untuk program studi Desain dan Teknologi Produk Kulit.

2. Visi dan Misi
Visi
yang dimiliki Program Studi DTPK adalah menjadi program studi yang siap bersaing di pasar global dalam bidang Desain dan Teknologi Produk Kulit.
Misi yang dijalankan Program Studi DTPK adalah :
  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum berbasis kompetensi.
  2. Meningkatkan penelitian aplikatif tentang perkembangan mode dan teknologi produk kulit.
  3. Menjadi tempat rujukan dan belajar untuk pengetahuan desain dan teknologi produk kulit sesuai dengan perkembangan teknologi dan trend mode.
  4. Menjadi sumber informasi mengenai fenomena dan problematika yang dihadapi industri produk kulit sesuai dengan perkembangan teknologi.
  5. Meningkatkan net-working dengan dunia usaha, industri produk kulit, alumni dan lembaga swadaya masyarakat.
  6. Menciptakan budaya wirausaha dalam rangka ikut menciptakan lapangan pekerjaan.
Tujuan Pendidikan yang hendak dicapai Program Studi DTPK adalah menghasilkan lulusan Tenaga Ahli Madya di bidang Desain dan Teknologi Produk Kulit, yang siap bersaing di pasar global.

Copyright 2004 - 2014 .:: Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta ::.

» home | kontak
» developed by : jackmedia                                                                                                                                                                                        kembali ke atas